Mengatasi Rasa Insecure Pasca Kanker

Saya bergabung dua komunitas kanker yang 99% members nya perempuan. Saya juga mengelola satu komunitas khusus muslimah. Namanya juga perempuan, ini makhluk yang paling hebat di soal rasa. Salah satu rasa yang sama adalah, berkurangnya rasa percaya diri pasca operasi payudara. Motivasi terkuat itu datangnya dari dalam diri sendiri. Dan apa yang kita pikirkan, kita […]

Seks Pasca Kanker

Vonis kanker, dan menjalani masa terapi kanker yang panjang penuh kejutan, pasti meninggalkan trauma, kecemasan, dan ketakutan – ketakutan menghadapi masa depan. Lumpektomi (operasi tumor) atau mastektomi (pengangkatan payudara) sedikit banyak mengubah kualitas hubungan pernikahan. Kebanyakan istri merasa insecure, kurang percaya diri karena ada bagian dari kecantikannya yang menjadi tidak lagi sempurna. Baca juga; https://mbafi.wordpress.com/2021/10/25/mengatasi-insecurity-pasca-kanker/ […]

Mengelola Mual dan Muntah Selama Kemoterapi

Makanlah makanan dalam jumlah sedikit sepanjang hari, agar tidak cepat merasa kenyang. Makan makanan kering yang cenderung tidak membuat perut sakit, seperti biskuit, roti panggang, dan sereal. Jauhi makanan berminyak yang mungkin tidak cocok dengan perut. Cobalah makanan berbahan dasar jahe untuk membantu meredakan mual. Ini termasuk ginger ale, teh jahe, atau jahe yang mengkristal yang dimakan sebagai camilan. Duduklah setelah makan – […]

Begini Demokrasi Dalam Keluarga Kami

Senin pagi mengantar si sulung menuju sesekantor untuk tanda tangan kontrak kerja. Baru sampai Pasar Sunan Giri, dia ngomong, “Barengan kantor yang ini, aku juga daftar di Dinkes, kerjaannya sama, cuma yang di Da**** lamanya 3 bulan karena selang seling 14 hari kerja 14 hari isoman. Sedang di Dinkes masuk terus, jadi cuma enam minggu. […]

Bukan Salah Nikah Mudanya, Tapi..

Turut sedih prihatin dengan keputusan pasangan muda Larisa dan Alvin, anak menantunya mendiang Ustadz Arifin ilham. Semoga Allah kuatkan teguhkan iman Islam keduanya. Pernikahan memang bukan melulu tentang kebahagiaan, kemesraan, bikin ‘ngiri para jomblo. Tapi tentang jihad, menerima kekurangan pasangan dan mensyukuri kebaikan-kebaikannya seremehtemeh seretjeh apapun. Tentu tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang masih sangat […]

No piutang.

Jangan DM saya untuk pinjam uang. Apalagi panjang lebar nyeritain masalahnya. Bukan jadi simpati malah saya cuekin. Kalo klean liat hidup saya enak, keliatannya bisa nih minta pinjem duit, salah besar ya Mak. Pelit? Tega? Bodo amat deeh, mau dicap apalah-apalah. Kenyang pengalaman punya piutang dibayar pake janji, and ghosting. Pernah juga dibayar pake 🎸gitar. […]

Pola Menyikapi Ujian Related to Quran

Yang kuyakini, hidup ini adalah ujian, ladang kebaikan bagi orang beriman. Ada yang diuji dengan kehilangan hartanya, kesehatannya, pasangannya, keturunannya, atau bahkan kemerdekaan hak asasinya seperti bangsa Palestina. Ujian itu selalu sesuai, setara, dengan kapasitas kekuatan keimanan hamba-Nya, berarti semakin hebat ujiannya semakin tinggi pula derajat keimanannya di sisi Tuhannya. Bersama kesulitan itu pasti ada […]

Hanya Mengikuti Dorongan Hati

Jadi setelah menyerahkan berkas pendaftaran ke dua perguruan tinggi Ilmu Al Quran di Ciputat, dijadwalkan placement test – nya 26 Juni dan 1 Juli 2021 in shaa Allah, sebelum Ramadhan anakku nge-Share info kuliah syariah di Universitas Terbuka www. iou.edu.gm yang sebelum pandemi pun KBM-nya 100% daring. Foundernya bernama Dr Bilal Philips orang Afrika berkewarganegaraan […]

Hanya Mengikuti Dorongan Hati

Jadi setelah menyerahkan berkas pendaftaran ke dua perguruan tinggi Ilmu Al Quran di Ciputat, dijadwalkan placement test – nya 26 Juni dan 1 Juli 2021 in shaa Allah, sebelum Ramadhan anakku nge-Share info kuliah syariah di Universitas Terbuka www. iou.edu.gm yang sebelum pandemi pun KBM-nya 100% daring. Foundernya bernama Dr Bilal Philips orang Afrika berkewarganegaraan […]

Makin Taat Kok Hidup Makin Susah?

Pernah dapet curhatan, “Gue udah rajin sholat, ngaji, sedekah, tapi heran deh, makin gue taat kok makin hidup gue malah jadi susah ya, bisnis lari di tempat, suami meninggal, kanker gue perburukan. Rasanya pen nyerah aja deh.” Manusiawi aja sih, wajar mengeluh, namanya juga orang lagi sakit parah. Kucoba caritau deh, harapannya apa. Rencananya apa. […]