Monthly Archives: July 2018

Ustadzah Anindya Sugiarto menulis:

Kita akan semakin bersemangat membaca Al Quran ketika kita juga senantiasa meningkatkan wawasan ber Al Qur an..*belajar tajwid, tahsin, nahwu shorof, tafsir Qur an de es be… Ini adalah tulisan sebelas tahun lalu. Dan kemarin terbarui lagi ketika mendapat tausiyah ustadz Abdul Aziz Abdurrauf. Bahwa kita bisa istiqomah dengan al quran ketika kita bisa jatuh […]

Shadaqatun jariyah.

Di Madinah, tidak terlalu jauh dari Masjid Nabawi, ada sebuah properti sebidang tanah dengan sumur yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Sumur itu dikenal dengan nama: *Sumur Ruma (The Well of Ruma)* karena dimiliki seorang Yahudi bernama Ruma. Sang Yahudi menjual air kepada penduduk Madinah dan setiap hari orang antri untuk membeli airnya. Diwaktu-waktu tertentu […]

Mengatasi jenuh?

Jenuh Fi..? Hu-uh….. (Ngobrol ama cermin lagi). Coba cara ini deh… 1. Muhasabah, evaluasi diri dulu. Jujur, inget² sepekan terakhir Ada nggak masuk makanan syubhat, atau melakukan maksiat apalah² spt eyel²an ama suami, atau solat tidak tepat waktu, atau lupa menepati janji, misalnya. 2. Pergi bersenang-senang. Me-Time. Nobar, maksibar, duduk di masjid, nyimak kajian, pergi […]

Gamis putih

Sepekan terakhir tiap pagi intip etalase market place, nyari gamis umbrella karet belakang, warna *putih* bahan baloteli size jumbo (panjang baju 140cm, LD 105-110). Gamisnya thok. Bukan setelan. Sampai Kamis belum ketemu yang sesuai saya mau. Nggak ngoyo juga sih, hehe. Dapet syukur, enggak juga ngga majalah. Jumat lupa. Eh apa nggak sempfet. Pokok udah […]

Nahh kaaann, ditolak…. jadi baper sendiri kan.. 😆😆😆

Ngasih saran sih, boleh…. Boleh banget…. Tapi liat dulu sikonnya, liat waktunya, tempatnya, pilih kalimatnya. Kenapa saya sering bilang “jangan sotoy” ….? Tidak semua jenis Cancer bisa dikasih tindakan yang sama. Dokter saja ngasih obat per kasus. Sama-sama cancer payudara, jenis operasinya beda, jenis obatnya beda, jumlah jenis obatnya beda, jumlah dosisnya beda, lama pengobatannya […]

Berkeluh kesah?

Manusia… memang salah satu tabiat dasarnya, berkeluh kesah. Sesekali, dua kali, tiga kali mengeluh, menurut standar saya sih manusiawi ya. Wajar banget lahh. Etapinya standar orang boleh beda-beda, sigh… Kalo mau jujur, setiap kita pasti ada masa-masa hanya ingin didengarkan… Kalo mau jujur, sebagian dari kita pasti merasa kadang butuh teriak, menangis, sebelum akhirnya tersungkur […]

Kebiasaan baru

Sedang membangun kebiasaan baru sejak entah sebeĺum atau sesudah operasi. Ĺupita eike persisnya kapan. Tiap pagi suami berangkat ngantor, bukan hanya cium tangan dan peĺuk, tapi juga minta maaf. Kadang airmata hampir membasahi kemeja beĺiau. “Maafin aku, mas…” Begitu juga ketika anak-anak pamit keĺuar rumah. Bukan hanya membiarkan mereka cium tangan saya, tapi saya doakan […]

Antara Maksiat Dan Musibah

Buat ngingetin diri sendiri : Jangan menyalahkan situasi, kondisi, keadaan, atau orang lain, atas apapun yang telah terjadi. Jangan lakukan playing-victim. Jangan merasa jadi korban. Belajarlah mengambil tanggung jawab atas pilihan, keputusan, tindakan kita. Jangan sombong. Karena, ada andil kita juga atas segala musibah yang menimpa. Introspeksi diri, semoga lebih baik. Bertaubatlah wahai diri… Mohon […]

Sayangi dirimu

Hidup adalah Pilihan. Kalo saya…. nggak mau jadi dokter diri sendiri. Penakut sih penakut… Tapi lebih takut lagi, membiarkan berlarut dalam ketakutan, menghindari dokter, sotoy ngobatin sendiri pake ini itu anu hanya berdasarkan testimonials dan katanya-katanya. Karena badan orang beda-beda. Banyak sudah kasus, membiarkan benjolan berbulan, bertahun, akhirnya bernanah, udha paraah ajaa… ujung2nya, ketemu dokter […]

Another judgement.

“Ngga capek Fi, pencitraan terus, pura-pura bahagia dengan sakit loe…” Astaghfirullah.. Subhanallah.. walhamdulillah.. La ilaha illaLLah Muhammad Rasulullah.. (usap-dada, usap boxy). …. inhale, exhale… … Untuuung, gue lagi pengen insap.. 😃😃😃 Kalo nggak… rujakan bareng, kitah…. 😃😃😃 Orang yang cerdas, pasti paham, tulisan-tulisan saya, status-status saya, adalah bagian dari usaha berdamai dengan takdir, belajar mengamalkan […]