Cancer itu bisa dibilang makhluk ciptaan-Nya. Mereka punya sistim metabolisme sendiri. Hanya Allah yang dapat mengendalikannya, menaklukkannya.

Dzikrullah, mengulang-ulang taubat, istighfar, tahmid memuji Allah atas segala ni’mat-Nya yang tak terhitung, memperbanyak shalat, shadaqah, membaca Al Quran, akan membawa ketenangan dan kejernihan berpikir bagaimana langkah ikhtiar selanjutnya.

Saya mohon maaf dari awal kita berkenalan hingga nanti maut memisahkan, jika ada (pasti ada) tindakan, sikap, kalimat saya yang kurang berkenan di hati keluarga dan sahabats. Saya mengakui, diri ini miskin ilmu, miskin amal, miskin adab, kaya dosa kaya maksiat. Mohon keridhoannya memaafkan kekhilafan saya, dari awal sampai akhir.

Pengobatan baik medis atau non medis adalah Pilihan yang Wajib ditempuh sebagai bukti kesungguhan doa-doa kami. Saya sangat percaya dan yakin Allah mengabulkan harapan, doa-doa keluarga, sahabats, semua orang yang menyayangi saya. Sangat mudah bagi Allah menyembuhkan, hanya dengan Kun. Dan peran saya adalah melakukan ikhtiar Terbaik yang saya mampu.

Terima kasih atas dukungannya, cintanya, perhatiannya, doa-doa indahnya. Jazakumullahu khairan. Hanya Allah yang mampu membalas kebaikan keluarga dan sahabat semua.

Persiapan kemoterapi kelima, 4 Agustus 2018.