Jumat 16/11/2018.

Santorini Park berjarak sekitar 2,5 jam berkendara mobil dari Bangkok. Tempat ini sebenarnya adalah theme park yang berisi aneka wahana permainan. Sebut saja ferris wheel (kincir angin), water ball (berjalan di dalam bola di atas air), merry go round (komidi putar), haunted hause (rumah hantu), dan lain sebagainya. Untuk masing-masing wahana dikenakan biaya yang berbeda-beda, yaitu 120 – 240 baht. Sedangkan untuk harga tiket masuk taman ini dikenakan biaya 150 baht.

Baca selengkapnya.

Kami keluar apartemen jam 06.50 dan saya memesan Grabcar tujuan Mochit Van Terminal. Berulang kali saya ketik Mochit Van Terminal, keluarnya di aplikasi Grab, Mochit Bus Terminal.

Emak bilang coba naik Tuk Tuk lagi Fii, maka saya berhentikan Tuk Tuk dan mencoba tawar harganya. Tiga kali menawar tiga Tuk Tuk belum dapat harga yang sama-sama cocok. Mintanya mentok 300 Baht.

Kenapa nggak naik BTS aja Fi..?

Demi efisiensi waktu dan menghemat tenaga. Kalo naik BTS, dari hotel harus jalan kaki dulu 10 menit menuju stasiun BTS terdekat. Naik BTS, transit, naik BTS lagi, jalan kaki lagi menuju Van Terminal. Butuh waktu total 1 jam 20 menit. Paling cepat.

Akhirnya saya pesan Grabcar tujuan Mochit Bus Terminal ongkos 150 baht, nggak apapa lahh. Kami tiba di terminal bus Mochit jam 7.25

Saya tanya petugas di konter informasi, dimanakah Mochit Van Terminal? Karena saya mau ke Cha Am. Petugas memberi arahan sangat jelas. Terminal Van ada di seberang terminal bus. Kami tinggal naik tangga penyeberangan terus ke kanan, masuk Mochit Van Terminal, dan loket travel tujuan Cha Am ada di konter D.

Van, di lisan orang Bangkok terdengar berbunyi, ‘Wan, atau Ban.” Jadi ketika saya bertanya, “Where’s Mochit Van Terminal?” Mereka awalnya bingung. Tapi ketika saya bilang, “Mini Wan. Mini Ban. Terminal..” Barulah mereka menunjukkan arahnya.

Masuk konter D saya menuju meja informasinya. Rupanya, ada seorang embak-embak yang memperhatikan saya. Begitu saya buka mulut, “Cha Am?” Si embak langsung tersenyum lebar, “Cha Am? You wanna go to Santorini Park? How many person?” Saya mengangguk, “Yes, two please.” Dia membawa saya ke loket 11. Kami membeli tiket seharga 160 Baht per orang. Kemudian dia mengantarkan kami ketemu driver elf tujuan Cha Am. Mobil berangkat jam 08.01. Tiba di tekape pukul 10.25.

.
Ada musholla juga…

.

Rencana saya mau ke Swiss Sheep Farm juga, tapi setelah shalat dzuhur emak pinginnya langsung balik Bangkok. Yasutralah, saya jalan ke bagian informasi, bilang bahwa kami perlu kembali ke Bangkok naik van. Embak-embak di bagian informasi tanya balik, mau ke Mochit atau Ekkamai? Saya pilih Ekkamai karena pangkalan van itu di Sukhumvit Road, sudah dekat dengan resto halal Usman Thai Muslim. Kami tunggu 40 menit van-nya datang.