Bismillah.

Saya baru tahu kalo di Kampung Inggris Pare Kediri ada juga lembaga-lembaga kursus bahasa Arab, Belanda, Perancis, Mandarin.

Saya tanya si ragil, “Kenapa sih ‘Dek, kursus bahasa Arab aja harus jauh-jauh amet sampai Pare? ”

Jawabnya, “Aku libur kuliah 4 bulan, bu. Kelamaan. Bisa-bisa masuk kuliah lagi, gagap bahasa. Dosen-dosenku orang Arab. Jadi aku perlu lingkungan berbahasa Arab, sebulan aja koq. Nahh kursus di Pare itu bukan dua jam per hari, tapi aku pilih yang 24 jam bisa komunikasi berbahasa Arab. ” .

Dari Jakarta kami naik kereta Gajayana turun di Kediri, nyambung taksi online, hanya 30 menit sampai di penginapan Barens House Pare. Sarapan, mandi, sewa sepeda, mulailah survey lembaga kursus tujuan. .

Kalo denger-denger obrolan di kereta, penumpangnya banyak juga anak muda yang mau kursus di Pare. Lembaga yang populer seperti Global English, Mr. Bob, Al Azhar, menyediakan angkutan travel dari stasiun Kediri menuju masing-masing tempat kursus. Tarif per penumpang Rp. 50.000,- .

Anakku condong memilih Markaz Arabiyah di Jalan Cempaka. Program belajarnya, ada yang dua pekan, ada yang sebulan, dan tiga bulan. Ada kelas yang spesifik untuk keperluan melanjutkan sekolah, atau mengajar, atau bekerja. Tergantung kebutuhan. Tersedia juga dormitory, asrama, rumah-rumah khusus untuk tempat tinggal mahasiswa/mahasiswinya. Biaya kursus di kampus ini, yang dipilih anakku, dua pekan, Rp 285ribu. Sewa asrama, per dua pekan 200ribu. Kalo ambil kursus selama sebulan, nggak sampe sejuta. .

Masuknya pakai tes, wawancara dalam bahasa Arab, untuk menentukan calon mahasiswa/mahasiswi lebih cocok belajar di kelas mana. .

Di sekitar asrama banyak warung makan murmer dan tempat penyewaan sepeda. Sarapan berdua dengan porsi segabruk dan minum, totalnya cuma 18ribu. Sewa sepeda, ada yang bulanan, kisaran harga 80-100ribuan. Kami berdua sewa harian, Rp 10.000,- per hari, hanya dua hari. .

Tadi malam sudah tes, dapat kelas, dan sekaligus dapat asramanya. Subuh pagi ini sudah mulai KBM. Alhamdulillah, semoga beroleh tambahan ilmu yang bermanfaat ya ‘Nak. .

@markazarabiyah
25 Juli 2019.

[wpvideo 5lZbl3uK]