Kanker itu qadarullah ada jenis yang gesit, ada yang gesit banget. Dia punya metabolisme sendiri. Ada yang saking gesitnya, dari 1 sel berkembang jadi 2, 2 jadi 4, 4 jadi 16, 16 jadi 256, dan seterusnya. Dalam hitungan bulan saja bisa naik dua stadium, yang awalnya hanya lokal, kemudian metastasis atau menyebar, ke kelenjar getah bening, tulang, paru, hati, otak. Naudzubillahi min dzalik. 🀲

Salah satu cara menghentikan atau memblokir perjalanannya, adalah dengan kemoterapi. Pengobatan ini memburu setiap sel yang membelah. Jangan takut botak, mual muntah, kulit berubah gelap eksotis, karena 3-6 bulan setelah selesai kemoterapi, in syaa Allah bakalan kembali sehat cantik/ganteng lagi. 😊

Biaya.
Minta sama Allah, sungguh-sungguh. Yakin dan percaya. Dia Yang memberi ujian, Dia juga Yang memiliki jalan keluar terbaik. Berusahalah, urus faskes, BPJS, claim asuransi kesehatan, jual assets, bersedekah, lakukan segala yang terbaik yang memang seharusnya dilakukan, kemudian berserah dirilah kepada Sang Pengatur Semesta.

Jika tugasmu di bumi belum selesai, engkau akan sembuh dan hidup lebih lama. Tapi jika Tuhan memanggil pulang, maka yakin dan percayalah, Dia juga yang akan mengurus orang-orang yang Kau tinggalkan. Dia Maha Pengasih Maha Penyayang Maha Bijaksana.

Maafkan semua yang pernah menyakitimu. Ridha, ikhlaskan, persiapkan. Bangun ulang visi misi hidup yang baru. Syukuri setiap detik yang telah dilalui. Berbagi, akan mengundang kebahagiaan dan kecukupan. Berdoa, akan membuat hatimu lebih tentram, damai, percaya diri. Luruskan niat: tidak ada kerja keras dan pengorbanan yang sia-sia.

Affirmative self talk.
Belajar berdamai dengan takdir.
Belajar menikmati keindahan cinta Sang Maha Pengasih Maha Penyayang.