Tahu jalannya’ dan ‘pernah melaluinya’ adalah dua hal yang sangat berbeda.
.

Dimana letak perbedaannya? . ‘Rasa’. .

Di zaman sekarang ini, untuk sekadar ‘tahu jalannya’ sangatlah mudah, cukup buka google maps, ketik lokasi tujuan, terlihat detail semua jalan menuju kesana, beserta ragam alternatif pilihan.
.

Tapi ketika berbicara tentang kualitas dan ‘rasa’ perjalanan, akan jauh berbeda dibandingkan jika kita pernah melaluinya.
.

Kita bisa tahu persis dimana saja letak polisi tidur sepanjang jalan, tukang sate gerobak kaki lima favorit, lubang-lubang jalan yang perlu dihindari, sampai spot-spot terbaik untuk foto-foto.
.

Dan ucapan orang yang ‘pernah melaluinya’ akan terasa begitu bertenaga (powerful) saat menunjukkan jalan kepada mereka yang membutuhkan arahan.
.

Ngomongin ikhlas itu mudah, sampai kita benar-benar dihadapkan pada situasi yang memaksa kita untuk melaluinya.
.

Mengajar tentang ‘rendah hati’ itu enteng dan manis di lidah, sampai kita bertemu dengan kondisi untuk menguji bisakah mempraktekkannya.
.

Menganjurkan orang lain untuk mau memaafkan itu ringan, sampai kita berada dalam keadaan yang membuat kita harus sungguh-sungguh melakukan apa yang dianjurkan.
.

Menyuruh orang lain untuk menahan amarah dan bersabar itu gampang, sampai dihadirkan kejadian yang akan memperlihatkan kemampuan kita untuk mengamalkannya.
.

Apa-apa yang sering kita serukan akan berubah menjadi ‘tukang tagih’, hadir dihadapan, meminta untuk dilakukan.
.

Semata-mata sebagai wasilah untuk menaikkan kualitas diri dan menghujamkan rasa dalam hati.
.

Memang bagian yang paling sulit menjadi seorang pembicara, trainer, mentor, guru, untuk orang lain ataupun sebagai pengajar dan pendidik untuk sebuah keluarga kecil kita adalah “Walk the Talk”. Menyelaraskan apa yang dilakukan dengan apa yang diserukan dan diajarkan.
.

Semua jurus-jurus yang sudah kita tahu tak pernah teruji sampai Allah hadirkan kesempatan untuk ‘latih tanding’.
.

Teruslah berada dalam jalan kebaikan.. perjalanan cinta seorang hamba…
semoga setiap langkah kita selalu dibimbing olehNya.
.

Terimakasih inspirasi paginya Kang @hendy_triyunianto