Kemarin pagi Ustadz Fajar di kelas Shorof menyinggung nama Mauritania 🇲🇷 sebagai salah satu negara yang highly recommended untuk belajar bahasa Arab fusha, bahasa Al Qur’an.

Kenapa bukan di negara-negara Arab? Karena di jazirah Arab bahasa Arab penduduknya sudah bergeser jauh dari keindahan aslinya, istilahnya jadi bahasa pasar.

Saya jadi nyaritau kekgimana sih negara Mauritania. Belum ketemu foto-foto menarik di IG atau google karena negara ini memang bukan destinasi wisata favorit.

Informasi yang saya dapat sebatas, ini negara Republik, warga negaranya 100% beragama Islam. Ada sih, komunitas kristen, katolik, yahudi, tapi mereka warga negara luar yang bekerja di Mauritania.

Mauritania adalah negara besar di barat laut Afrika yang berbatasan dengan Samudra Atlantik. Luas Mauritania hampir sama besar dengan gabungan Perancis dan Spanyol. Tapi sebagian besar wilayahnya berupa gurun dan hanya dapat dihuni oleh populasi yang jumlahnya relatif kecil.

Merdeka dari Perancis pada 28 November 1960 dan masuk menjadi anggota PBB pada tahun 1961.

Ibu kota Mauritania adalah Nouakchott, yang berarti “Tempatnya Angin”.

Bahasa Arab dan Wolof adalah bahasa resmi. Namun, banyak orang Mauritania yang berpendidikan juga berbahasa Perancis dan Inggris. Di selatan, orang berbicara dalam berbagai bahasa Afrika.

Pendidikan sifatnya wajib selama enam tahun. Pelajaran diajarkan dalam bahasa Arab, Prancis, dan Afrika.

Republik Islam Mauritania (République islamique de Mauritanie), adalah sebuah negara di wilayah Maghreb di Afrika Utara Barat. Ia merupakan negara kesebelas terbesar di Afrika dan berbatasan dengan Samudra Atlantik di barat, Maroko dan Sahara Barat di utara, Aljazair di timur laut, Mali di timur dan tenggara, dan Senegal di barat daya.

Dengan 40% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan, Mauritania sangat tergantung pada ekspor bijih besi, ikan, dan minyak lepas pantai untuk kemajuan ekonominya. Selain bijih besi Mauritania juga mempunyai cadangan emas, gipsum, fosfat, intan, dan tembaga. Ma Syaa Allah 💖

==

Sumber: googling, kata kunci “mauritania” dan “mauritania adalah”

Tulisan ini saya copas ke

http://fifisofida.home.blog/2019/12/13/mauritania

===

Kalo ada yang punya informasi tambahan, silakan sharing di kolom komentar yaa. Terimakasih. 😊