Dua hari yang lalu kekunjungan sesemember Sahabat Sehat. Pulang radiasi ke-28 jam 4 dia nongol di rumahku bawa asinan betawi. Alhamdulillah.

Status IHK kami samaan dong. Triple positive. Alhamdulillah ‘ala kulli haal. Bagi survivors kanker payudara pasti paham kode IHK yang dimaksud.

Kami saling sharing but actually saya yang lebih banyak mendengarkan dan menyetujui banyak hal yang dia sampaikan.

Ya, untuk hidup yang lebih sehat, kami harus berubah lebih woles menyikapi masalah. Jangan terlalu impulsif. Jangan gampang reaktif sama sikap tindakan orang lain yang nggak berkenan di hati. Jangan mau kepikiran masalah terlalu serius. Jangan mau kebebanan omongan orang.

Banyak-banyak doa, banyak dzikir. Banyak berserah diri, banyak release, banyak ridha, banyak sabar, banyak bersyukur. Banyakin ketawa. Sering pake kacamata kuda. Delet-deletin pertemanan di medsos, dari orang-orang yang bawa emosi negatif. Bukan niat mutusin silaturahim, tapi lebih ke jaga kesehatan pikiran dan hati.

Hal tersulit adalah, memaafkan. Ketika dibohongin, dikhianatin, ditusuk dari belakang oleh makhluk-makhluk yang kita percaya. Maafkan. Maafkan. Maafkan.

Tidak mudah, sikk… Tapi harus terus menerus dilatih, yes. La haula wala quwata illa biLLah. Risa terima kasih inspirasinya. ๐Ÿ’–