Duluuu banget, saya penganut aliran, kalo punya impian tu, diomongin, biar banyak yang doain. Kalimat itu ternyata belum titik.

Pas aku omongin ke orang-orang, yang ada gue malah diDemotivasi, diDowngrade, dikata-katain, dinasehatin panjang lebar, wkwkwkw.

Sekarang, kalo kepingin apa, kemana, ngapain, pencapaian sesuatu. Mao itu ukhrowi, atau remeh temeh dunia. Aku cerita sama Allah.

Pasang wallpaper di kamar, selipin gambar di dompet, kotak pinsil, buku bacaan, di henpon, di laptop 💻 , cara ini bisa membantu melatih fokus dan istiqomah dalam ikhtiar.

Kalo kelihatannya si target 90% udah dekeeett banget. Baru berani cerita ke manusia, itu juga aku pilih-pilih orangnya yang se-frekuensi ajah, mohon doanya yaaa.

Nggak Salah kalo kamu punya impian dunia remeh temeh. Asal alasan motivasimu mencapai itu semua, adalah impian ukhrowi.

Misalnya: aku pen punya rumah gede, banyak, di kampung. Buat orang-orang belajar Quran. Aku pen punya uang banyak, supaya bisa ngongkosin guru-guru pengajar Quran, haji, umroh. Atau buat nyenengin orangtua. Dan kamu jujur sama Allah, memang itulah cita-citamu.

Kemudian, perbanyak sholat, taubat, baca Quran, shodaqoh, pantaskan diri, dan berdoa dengan penuh keyakinan, berdoa dengan adab berdoa yang benar, mintanya blak-blakan, jangan jaim.

Dawamkan saja setiap hari. Nanti Allah akan kasih jalannya, cepat atau lambat. Lakukan apapun yang seharusnya dilakukan. Kerja keras. Sabar. Syukuri, sesedikit mungkin pencapaianmu hari ini, rayakan. Bergembira, bersyukur.

Jangan juga niat ibadah-ibadahmu jadi belok, hanya demi mencapai impian dunia. Ingat, ajal bisa datang kapan pun. Maka penting meluruskan niat ibadah, semoga diampuni, semoga ibadah diterima Allah, semoga ilmu yang didapat hari ini menambah ketaatan, istiqomah, ampunan, dan husnul khotimah.

Selamat menempuh ikhtiar langit dan bumi. Semoga impian kalian semua, tercapai, dan Allah meridhoi. 🤲