Percakapan antara ayah dan si sulung, di airport, kemarin, ketika mengantar si bungsu terbang menuju Jeddah.

Ayah: Kak, gimana kalo Ayah manjangin jenggot kayak papanya Jihan, kayak syaikh, kayak Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Sulung: -diam sebentar-

“Lahh itu temen-temennya Adek, penghafal Quran semua, nggak segondrong itu jenggotnya, ada malah yang klimis, bersih, biasa aja, cakep. Ngga kayak orang (udah) tua. ”

Ibuk nguping nahan tawa.

Iya, kalo liat foto ini, itu laki-laki hafal 30 juz semua. Tapi penampilannya, biasa-biasa aja. Kayak anak-anak muda awam. Ini hanya soal selera. Nggak bisa dipaksakan. Jangan langsung ngejudge kami anti sunnah. Kenyataannya, memang ada yang dengan jenggot jadi keliatan makin cakep. Ada yang bersih klimis atau jenggot tipis, keliatan lebih okay. Nggak perlu eyel-eyelan. Kerjain aja keyakinan masing-masing, ya. 😊

Alhamdulillah rombongan sudah tiba di Jeddah 30 Desember 2019 jam 20.45 siap umroh. Sudah miqot di dalam pesawat, di atas Yalamlam. Terimakasih doanyaaah πŸ™πŸ™