Beberapa temanku pernah komentar, “Mbak, elu beda yah, gaya bahasa tulisan dengan ngobrol langsung. Kalo gue baca tulisan lu kayak orang well-educated. Rapi, jarang pengulangan kata. Pola grafiknya stabil atau menaikkan motivasi. Kirain beneran melankolis perfeksionis. Ternyata pas ketemu ngobrol gue kaget, suara lu, kenceng, nyablak, cengkok lu Betawi banget, ha-ha.”

iyee… gue ‘pan tinggal di kampungnye Babe Ridwan Saidi, wajar cengkok aye Betawi.. Sedangkan penyimak tulisan aye di medsos, heterogen. Jadi kudu pakek bahasa Indonesia nyang baek dan mendingan. 😊

Kita ngobrol. Atau kita menulis. Gaya bahasa dan kosa kata kita banyak dipengaruhi oleh bacaan, tontonan, dan omongan orang yang sering lewat telinga.

Saya seneeng baca novel-novel pembangun jiwa. Dulu sempfet juga suka bacain buku biografi orang sukses. Waktu masih ngantor dan ngerjain MLM, kan punya banyak jadwal presentasi, one-to-one meeting, seminar dan workshop. Terlibat kerja bareng dengan banyak tipe manusia, melatih saya kayak bunglon, harus mudah menyesuaikan diri.

Tapi tetap menjadi diri sendirilah yang bikin saya lebih bahagia. Kumpul manteman sefrekuensi. Ngobrol recehan. Ketawa lepas. Ngobrol seriyes juga bisa menikmati, asal santuy, rileks. Kadang dinasehatin mau nurut. Sering juga ngeyel, melanggar aturan. Cenderung antimainstream. Udah hampir setengah abad hidup dengan watak ini. Semoga suamiku selalu dilimpahkan ketabahan punya istri yang moody impulsif syantiik loetjoe menawan kekgini. Protes, blokir! 😊

Sanguinis koleris itu seru, koq. Banyak kejutan. πŸ€ͺ😁

===

Tangan kiri megang buku. Tangan kanan nyendok salad buah.