“Saya nggak bisa jualan.”
“Saya nggak bisa ngomong.”
“Saya nggak bisa nulis. Gak bisa merangkai kata.”
“Saya nggak bisa baca Quran.”
“Saya nggak bisa masak.”

Kalimat-kalimat ini bukan selalu artinya benar-benar tidak mampu. Tapi bisa juga berarti, kepingin, tapi nggak tau caranya. Bisa juga berarti, frustrasi, nggak suka, nggak tertarik, nggak minat, bodo amet.

Kalo masih ada kepingin bisa tapi nggak tau caranya, cari orang yang bersedia ngajarin sampe bisa. Sediakan waktu, pikiran, harta, dan fokusmu. Practice makes perfect. Alah bisa karena biasa. Jam terbang ‘ngaruh. Berlaku di semua bidang ketrampilan.

Kalo karena nggak suka, tapi hati kecil masih kepingin bisa, cari tahu alasannya, ilmunya, bagaimana saya bisa menyukai kegiatan ini. Cari tahu hal-hal yang menarik, yang menyenangkan, yang menantang, yang lucu dan seru, yang bikin jadi suka.

Kalo frustrasi, mungkin pernah ada pengalaman ngga enak banget. Trauma masa lalu. Sembuhin dulu luka batinmu. Belajar ridha. Belajar memaafkan. Mungkin perlu hijrah, cari lingkungan yang kondusif.

Kalo emang udah nggak suka banget dan nggak mau tahu, game over. 😊