Monthly Archives: February 2020

EFEK SYAIR

Ti-atii ya Mak, dengan syair nyanyian. Takutnya jadi doa, pas malaikat lewat, diaminin. Jadi kenyataan. Iya kalo syairnya kebahagiaan, bagus. Alhamdulillah. Tapi kalo syairnya tentang patah hati? Pengkhianatan? Na’udzubillahi min dzalik. Saya perhatiin, penyanyi-penyanyi yang penghayatannya hebat luar biasa, nasipnya mirip syair lagunya yang petjah di jamannya. Contoh: Dewi Yull, Betharia Sonata, Maia. Saya tidak membantah pendapat […]

Menghadapi si Clean-Freak

“Kalo dateng duluan, angkatin dong papan hijabnya, papan tulisnya. Nyalain lampu, nyalain AC.” Bla bla bla. Tiap pekan itu nenek rewel banget, dah. Herannya cuma ama gue aja ngomelnya. Padahal gue dateng lampu ‘dah nyala. AC sengaja nggak dinyalain, jam 6 pagi kan udara masih adem, hujan pulak. Papan tulis udah pada tempatnya. Mana eike […]

Pasien Menolak Kemoterapi?

Sama, dulu juga aku menolak kemoterapi karena percaya dengan testimoni pasien-pasien yang (mengklaim) sembuh dengan hanya mengubah pola makan dan minum obat herbal, air rebusan daun sirsak, sarang semut, kunyit putih. Hampir juga aku pakai jaket dokter Warsito. Di depan ruang tunggu dokter Findy, KHOM saya masih menyusun kalimat-kalimat penolakan. Alasan mau hajian lah, mau […]

“Masih kemo, Fi? “

Alhamdulillah sudah selesai 11 Mei 2019. Sekarang tinggal maintenance. Kontrol per tiga bulan, kadang periksa darah lengkap, kadang USG. “Elo kuat ya, kemoterapi ‘kan dahsyat banget.” La haula wala quwata illa biLLah. Gue pasrah aja. Kalo mau dijemput pulang, semoga Allah beri husnul khotimah, semoga lakik gue ridho, semoga emak gue ridho. Kalo dikasih kesempatan […]

Imunohistokimia

Kali ini saya bahas pengalaman, tes-tes apa saja yang saya jalani, sampai akhirnya dokter Alfiah Amirudin spesialis bedah onkologi konsultan kanker payudara, menyampaikan hasil immunohistokimia. Agak banyak istilah medis, boleh ya. 19 Maret 2018. Pertama, mamografi. Pemeriksaan standar yang memang sudah seharusnya dilakukan tiap 12bulan sekali bagi semua wanita usia 40+ terutama yang beresiko tinggi. […]