Sel kanker, virus, bakteri, mereka semua termasuk makhluk Allah juga, yang bertasbih memuji Penciptanya. Baca Quran Surat Al Israa’ ayat 44.

تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبۡعُ وَٱلۡأَرۡضُ وَمَن فِيهِنَّۚ وَإِن مِّن شَيۡءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمۡدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفۡقَهُونَ تَسۡبِيحَهُمۡۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورٗا

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.”- Sura Al-Isra’, Ayat 44.

Hamba-hamba Allah ini hanya bisa membuat manusia jatuh sakit, atas kehendak Allah juga.Allah – lah yang memilih, siapa yang kena, siapa yang enggak. Sebagai petunjuk, ujian, pembeda, mana golongan yang ingkar, mana yang beriman.

Orang-orang beriman menyikapinya dengan cara kembali pada tuntunan syariat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, makan minum halalan thoyyiban, dan istirahat pada waktunya.

Bersedekah dapat menolak bala. Berpuasa dan membaca Al Quran dapat menenangkan hati dan meningkatkan level imunitas. Menjaga wudhu, dapat menggugurkan dosa dan mengangkat derajat di sisi Allah.

JANGAN mendatangi tempat dimana wabah penyakit sedang melanda. JANGAN berenang dulu di kolam renang umum sampai issue corona hilang. Tetap berolahraga, di tempat aman, rumah sendiri, misalnya. Video tutorials banyak di youtube.

Patuhi imbauan pakai perangkat sholat pribadi ketika sholat di Masjid / musholla public area seperti bandara, stasiun, terminal bus, dan sebagainya. Pakai sajadah dan mukena sendiri ya Mak.

Mintalah pertolongan dan perlindungan kepada Yang Menciptakan penyakit, Allah Azza wa Jalla..

Semoga Allah selalu melindungi kita dan anak cucu keturunan kita semua, dari berbagai fitnah, bala, musibah, penyakit, dan hal-hal yang tidak diinginkan. 🤲 Lalu bertawakallah, apapun takdir yang Allah ijinkan terjadi atas kita, adalah yang terbaik. Wallahualam bish showab.

Menulis, ngingetin diri sendiri.