Monthly Archives: July 2020

Sekilas Meditasi

Catatan pribadi, dari kelas Meditasi kemarin. Boleh jadi berbeda dengan pemahaman orang lain. Meditasi itu bukan bertapa. Bukan juga mengosongkan pikiran. Meditasi hanyalah mekanisme untuk menenangkan diri. Paradigmanya memberdayakan. Macam-macam Meditasi: 1. Mindfulness meditation  pay attention, be present, right now, no-judging. Bisa dilakukan ketika mandi, rasakan air yang mengguyur kulit, alirannya, suhunya, dengarkan suaranya. […]

Makna Tawakal?

Ketika saya ditanya, “Bagaimana menyikapi bahaya kopitnaintiin lima bulan terakhir?” Saya masih berusaha disiplin menjaga protocol kesehatan, untuk diri sendiri. Keluar rumah hanya untuk alasan mendesak. Tapi Piknik, jadi mendesak saat butuh olahraga di ruang terbuka, menghirup udara segar, dan mandi matahari pagi. Cari tempat dan waktu yang sepi. Pergi menginap hanya sama si temen […]

Masih Bab Syukur

Bab Syukur sependek yang saya pahami bukan berarti nggak boleh komplen. Karena ngeluh, ngomel, gerenengan kalo udah capek tapi hasil nggak sesuai harapan, itu sifat bawaan setiap manusia. Tapi keseringan komplen, dikit-dikit komplen, ini bukan gue banget.   Sampe hari ini saya masih belajar mengenal diri sendiri. Apa kekurangan and how to deal with. Bagaimana […]

Masih Bab Syukur

Bab Syukur sependek yang saya pahami bukan berarti nggak boleh komplen. Karena ngeluh, ngomel, gerenengan kalo udah capek tapi hasil nggak sesuai harapan, itu sifat bawaan setiap manusia. Tapi keseringan komplen, dikit-dikit komplen, ini bukan gue banget. Sampe hari ini saya masih belajar mengenal diri sendiri. Apa kekurangan and how to deal with. Bagaimana saya […]

Bersyukur Harus Lebay Dong

  “Hidup lu enak banget sih mbak, anak-anak loe, suami loe, emak loe, jalan-jalan kemana-mana, teman-teman banyak yang sayang banget sama loe, punya skill bisa nulis cerita, fisik loe kayak pake formalin, bla bla bla. ” Ma Syaa Allah tabarakaLLaah.

Bersyukur Harus Lebay Dong

BERSYUKUR HARUS LEBAY DONG   By: ‘Aafiyah Salma Lathifah   “Hidup lu enak banget sih mbak, anak-anak loe, suami loe,  emak loe, jalan-jalan kemana-mana, teman-teman banyak yang sayang banget sama loe,  punya skill bisa nulis cerita,  fisik loe kayak pake formalin,  bla bla bla. ”   Pertama, kami berlindung kepada Allah dari sifat sombong (mengakui) […]

Sahabat Sehat Mendadak Kopdar

Lima anggota Komunitas Muslimah Sahabat Sehat mendadak ngadain sharing meeting. Ada yang pulang dari radiotherapy, kontrol, jelang kemoterapi, ada yang stadium satu, dua, dan empat. Kita ngobrolin macem-macem pola makan sehat, olahraga yang cocok di masa treatment, olah mindset, olah rasa, literasi doa-doa bahasa Indonesia, pengaruh kebiasaan membaca Al Quran secara masif dan dengan suara […]

Sahabat Sehat Mendadak Kopdar

Lima anggota Komunitas Muslimah Sahabat Sehat mendadak ngadain sharing meeting di Sambel Hejo Sambel Dadak Rawamangun. Ada yang pulang dari radiotherapy, kontrol, jelang kemoterapi, ada yang stadium satu, dua, dan empat. Kita ngobrolin macem-macem pola makan sehat, olahraga yang cocok di masa treatment, olah mindset, olah rasa, literasi doa-doa bahasa Indonesia, pengaruh kebiasaan membaca Al […]

Sabun Mandi Keluarga Kami

Saya petualang kuliner dan wewangian. Sabun mandi, lulur, losyen badan, cologne, EdT, EdP, minyak wangi non-alkohol, bahkan pelembut pakaian pun pernah saya encerin, masukin botol spray, buat semprot sajadah, ciput, jilbab, tempat tidur atau sofa. Barusan ada notifikasi masuk, sabun keluarga kami sedang diskon flash sale. Satu liter yang harga normalnya 85ribu, jadi 32ribu. Wanginya […]

SAYA PERNAH MENOLAK KEMOTERAPI

SAYA PERNAH MENOLAK KEMOTERAPI By: ‘Aafiyah Salma Lathifah. Sempat tersesat di belantara informasi yang saya jelajah sendiri untuk ‘ngeles dari komitmen kemoterapi. Saya jalanin pola makan intermediate fasting (IF) ketofastosis (KF), yang menargetkan gula darah di bawah 60 untuk pasien kanker agar tidak relaps, katanya. Saya terpengaruh testimonials, “Banyak lohh yang sembuh, tanpa kemoterapi, yang […]