Khadijaa, penyitas kanker, masih muda, usianya belum 40 tapi beliau telah sangat menginspirasi saya dalam fastabiqul khairat.

Saya kenal Khadijaa yang dulu adalah orang yang banyak pertanyaan tauhid, “Mba, kenapa sih, aku sudah taubat, sudah pake jilbab, tapi malah dikasih kanker, suamiku juga kecewa dan nggak mau sholat. Aku sedih banget mba.”

Saat itu saya hanya mampu memeluknya, “Kamu hamba pilihan, ini hadiah, bungkusnya kurang menarik, tapi dalemnya, adalah yang paling kamu butuhkan. Pasti hebat dan menghebatkan hidup kalian. “

Tiga kali kemoterapi saya mendampinginya, makan nasi kapau bareng, nasi kebuli, ngobrol recehan, dan menghibur oma-oma melankolis tetangga sebelah yang sama-sama sedang kemoterapi juga.

Alhamdulillah saat ini Khadijaa dalam keadaan sehat wal’afiyat. Semangat olahraga, semangat diet sehat, dan semangat berbagi. Beliau jadi “guru saya” dalam hal sedekah jorjoran.

Pekan lalu saya menggalang pengumpulan mushaf Quran untuk 3 lokasi terpencil penghafal Quran di Jawa Barat, dan ini percakapan WhatsApp saya dengan Khadijaa, sabtu pagi.

Khadijaa: Assalamu’alaikum, mba… Mau tanya, Ustadz Bogi itu beliau samaan ya sama Ustadzah Nabilah?

Saya: Wa’alaikumussalam Wr. Wb. – Beda, mereka enggak saling kenal, yang satu teman SMP-ku, yang satunya lagi teman ODOJ.

Khadijaa: aku dah japrian ama Ustadz Bogi tapi karena beliau hari ini ke Bandungnya buat kirim mushaf, jadi aku kirim langsung ke Mushollah beliau yang di Bandung pake kurir ekspedisi.

Saya: iya, sayaang, maaf lupa ngasitau, udah ❎ closed ❎ kemarin. Jumat. πŸ™punteen.

Khadijaa: Soalnya kemarin Jumat itu aku kirim ke Ustadzah Nabilah, dan Alhamdulillah udah sampe, mba.

Saya: Alhamdulillah, makasih sayaang, beliau pasti seneeng banget…

Khadijaa: aku lebih nyaman kalo mba ‘Aafiyah kenal orang-orangnya… Selama ini aku dapet info lewat googling, ke yayasan-yayasan tapi aku belom kenal orangnya dan belum pernah ke sana..

Saya: Ma Shaa Allah tabarakaLLaah…

Khadijaa: Mba… aku pinginnya, dan udah diniatin banget dalem hatiku, seminggu sekali harus wakaf mushaf / Quran. …. Buat tabungan aku di sana Mba 😭

Saya: 😭😭😭 Ma Shaa Allah, Khadijaa…. aku iriiii padamu…

Khadijaa: aku takuuutt anak-anakku nanti nggak doain aku, jadi aku mau banyakin jariyyah selama di sini, Mba 😭 aku iri sama Mba ‘Aafiyah karena punya anak penghafal Quran….

(Beliau punya dua anak yang sedang dalam masa pencarian jati diri, mohon doakan beliau ya Mak) πŸ™

Saya: 😭😭😭 in shaa Allah anak cucu keturunan Khadijaa, menjadi ‘Ulamaaa (orang-orang yang paham ilmu dan takuut kepada Allah)….. in shaa Allah anak cucu keturunan Khadijaa menjadi hamba-hamba yang paling berbakti kepada Tuhannya, dan paling berbakti kepada orangtuanya.. 🀲🀲

Khadijaa: Aamiin Ya Robbal’alamiin, makasih doanya Mba…

Image may contain: text that says "Sisipkanlah doa untuk anak cucu keturunan kita walaupun mereka belum terlahir ke dunia. Harapkanlah yang Terbaik, dan teruslah berdoa untuk mereka. Sebab doa seringkali terkabulnya setelah yang berdoa wafat."