Foto Belum Hijrah. Di masa awal fesbuk, ada teman SMP yang aplot foto-foto jadul kami. Teman-teman seangkatan auto ramai berkomentar, nostalgia, happy, sedangkan saya merasa nggak nyaman. Langsung saya menghubunginya secara pribadi, minta tolong edit/crop foto yang ada muka dan badan saya, dan saya tegesin, “Right now, yaaa. Please, gue tungguin. Makasih yaaa.”


Untungnya teman saya ini very very klevaa, cerdas, langsung menghapus foto yang ada sayanya, dan mengaplot ulang foto yang sudah dicrop. Dia paham itu bukan “cuma foto” tapi itu adalah foto waktu saya sudah akil baligh, sudah wajib menutup aurat, tapi masih lalai, abai, maka itu bukan lagi cuma sekedar foto, tapi AIB.

==========

Dear Shalihaat…. aib-aib apapun yang Alloh sudah tutupin, please, jangan dibuka lagi yaa. Simpan saja foto-foto kenangan yang indah-indah itu, untuk diri sendiri dan mahrommu saja. Sayangilah dirimu. Bersyukur banyak-banyak dan berdoa minta diberi taufiq hidayah terus-terusan, istiqomah dan husnul khotimah. Wallahualam.