Jangan DM saya untuk pinjam uang. Apalagi panjang lebar nyeritain masalahnya. Bukan jadi simpati malah saya cuekin.

Kalo klean liat hidup saya enak, keliatannya bisa nih minta pinjem duit, salah besar ya Mak.

Pelit? Tega? Bodo amat deeh, mau dicap apalah-apalah.

Kenyang pengalaman punya piutang dibayar pake janji, and ghosting. Pernah juga dibayar pake 🎸gitar. Pernah juga dibayar lunas, setelah 24 purnama, dulu duit gopekceng nilainya gotiaw jaman now. Pernah juga dibayar pake eyel-eyelan aduh kagak demen banget dah gegara retjehan rusak silaturahim.

Mungkin langka banget yaa (kalo aku sih belom pernah ketemu ya) orang berhutang bayar tepat waktu, or lunas sebelum jatuh tempo. Belum ada yang bisa meyakinkan aku percaya berani minjemin lagi minjemin lagi.

Tapi kalo aku paham banget sikonnya mendesak, dan saat itu aku ada rezeki cukup, aku kasih sebagai hadiah, or diniatkan sedekah. Aku pilih-pilih juga orangnya, yang aku kenal banget, yang kutahu lebih shalihat, komitmen ketaatannya pada ajaran Islam. Hijabnya sehari-hari rapi, gak pernah posting foto “telanjang”, atau sehari-hari berniqab, atau single parent jobless anaknya banyak, pasti aku prioritaskan.

Hidup ini pilihan. Aku memilih mendoakan manteman yang sedang diuji hartanya, semoga Allah cukupkan hajatnya dari jalan yang halal berkah. Mohon maaf saya tidak membantu tapi malah cerewetin berisik nasehatin doang.

Saya juga pernah di posisi anda, tapi saat itu saya bertahan tidak meminta bantuan manusia. Hanya kepada-Nya kami meminta pertolongan, dan kami bertaubat karena kami paham bahwa setiap kesulitan itu adalah akibat dosa-dosa kemaksiatan kami sendiri. Pasrah bukan tanpa ikhtiar yaa. Ikhtiar kami adalah meninggalkan hal-hal yang berpotensi bikin Allah tidak ridho, berusaha meningkatkan ketaatan, sambil juga menempuh jalan-jalan peluang rezeki. Semampunya.

Benar, ini jaman susah. Tapi menurut pengalaman saya, mau pandemi atau tidak pandemi, tetep ajaaa nyari kecukupan nafkah itu butuh pengorbanan, perjuangan, darah, dan air mata.

Allah Maha Kaya, Maha Pengasih Maha Penyayang, Maha Penolong dan pertolongan-Nya itu sangat dekat. Sangat dekat.