Category: KESEHATAN

Seks Pasca Kanker

Vonis kanker, dan menjalani masa terapi kanker yang panjang penuh kejutan, pasti meninggalkan trauma, kecemasan, dan ketakutan – ketakutan menghadapi masa depan. Lumpektomi (operasi tumor) atau mastektomi (pengangkatan payudara) sedikit banyak mengubah kualitas hubungan pernikahan. Kebanyakan istri merasa insecure, kurang percaya diri karena ada bagian dari kecantikannya yang menjadi tidak lagi sempurna. Baca juga; https://mbafi.wordpress.com/2021/10/25/mengatasi-insecurity-pasca-kanker/ […]

Mengelola Mual dan Muntah Selama Kemoterapi

Makanlah makanan dalam jumlah sedikit sepanjang hari, agar tidak cepat merasa kenyang. Makan makanan kering yang cenderung tidak membuat perut sakit, seperti biskuit, roti panggang, dan sereal. Jauhi makanan berminyak yang mungkin tidak cocok dengan perut. Cobalah makanan berbahan dasar jahe untuk membantu meredakan mual. Ini termasuk ginger ale, teh jahe, atau jahe yang mengkristal yang dimakan sebagai camilan. Duduklah setelah makan – […]

Sekilas Mindfulness

Kelas Mindfulness jaman now sedang happening ya, banyak dipakai manfaatnya untuk meningkatkan kualitas hidup, kebahagiaan, dan kesehatan seseorang. Bermanfaat juga dalam proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi menyerap ilmu. Mindfulness Dalam Islam, bukan seperti konsep mindfulness ala barat yang pake sesi mengosongkan pikiran. Dalam Islam, pikiran orang beriman nggak boleh kosong, karena bisa langsung disabotase syaithan. […]

Suplemen Hati

Dua hari terakhir lagi butuh banget suplemen hati, Alhamdulillah ‘nemu rekaman ceramah Ustadz Oemar Mita Lc, ngaji kitab Tadzkiatun Nafs Bab Niat. Beberapa linknya : Simpulan untuk diri saya : “Sakit, sehat, sedih, senang, semuanya adalah hak ALLaah” – ini mindsetnya orang beriman. Kita pernah mendengar cerita, ada orang yang komitmen disiplin menjalani gaya hidup […]

Suplemen Hati

Dua hari terakhir lagi butuh banget suplemen hati, Alhamdulillah ‘nemu rekaman ceramah Ustadz Oemar Mita Lc, ngaji kitab Tadzkiatun Nafs Bab Niat. Beberapa linknya : Simpulan untuk diri saya : “Sakit, sehat, sedih, senang, semuanya adalah hak ALLaah” – ini mindsetnya orang beriman. Kita pernah mendengar cerita, ada orang yang komitmen disiplin menjalani gaya hidup […]

Kacamata Kuda

Di kelurahan mana pun kita tinggal, di komunitas mana pun kita gabung, di platform medsos mana pun, akan selalu ada orang-orang yang mispersepsi dengan pekerjaan kita. Ciri-cirinya, mulai dari gaya berkomentar, “Ah ngapain sih, buat apa ngelakuin itu, ga usah neko-neko lah.” Sampai kenyinyiran, “Jelek amat, gak pantes,” Tapi nggak ngasih solusinya.

Oknum Salafi Tengil

Saya enggak menggeneralisasi lohh yaa, cuma pen bilang, ketemu oknum salafi yang sumpeh, tengil banget. Mosok di dalam grup penyitas kanker yang isinya lintas agama, bolak balik posting ayat suci dan fatwa ustadznya. Orang mau tukeran kado, diye posting video ustadznya, fatwa tukeran kado haram. Pagi-pagi bukannya posting mood booster yang bikin happy semangat, diye […]

Tips Nyaman Menjalani Radiasi

Berangkat dari rasa empati pada teman-teman yang mengalami efek samping radiasi yang pastinya sangat tidak nyaman banget, maka ijinkan saya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman beberapa teman yang saya kenal sebelum dan selama menjalani radiasi. Sebelum radiasi, beberapa dokter menjelaskan secara detil, mekanisme, prosedur, saran, nasehat, sekaligus pantangan-pantangan pasien radiasi, tujuannya untuk mengoptimalkan manfaat radiasi […]

Cerita Safar 2018

Februari 2018 manasik haji pertama, tiap Sabtu jam 8 pagi sampai jam 3 sore, di aula Masjid Al Furqon Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat. Pembekalan jamaah haji keloter 59JKG diagendakan sepuluh pertemuan, plesss pemeriksaan kesehatan jamaah di Puskesmas Kecamatan Senen pada tanggal 13 Maret 2018. 14 Maret 2018 pagi, pada saat mandi, saya merasakan benjolan […]

Against Covid19

Against Covid19 By: ‘Afiyah Salma Lathifa Baca or dengar cerita teman-teman yang keluarganya pernah swab positip, saya pen sotoy aja menyimpulkan, si kopit ini nyata makhluk Allah, dia hanya menginfeksi dan berpengaruh level moderate to extreme, atas ijin Allah, atas kehendak Allah. Teman saya penyitas Ca, sekeluarga dites swab, suami dan anak-anaknya positip, diana malah […]