Category: SECOND LIFE

Mengatasi Rasa Insecure Pasca Kanker

Saya bergabung dua komunitas kanker yang 99% members nya perempuan. Saya juga mengelola satu komunitas khusus muslimah. Namanya juga perempuan, ini makhluk yang paling hebat di soal rasa. Salah satu rasa yang sama adalah, berkurangnya rasa percaya diri pasca operasi payudara. Motivasi terkuat itu datangnya dari dalam diri sendiri. Dan apa yang kita pikirkan, kita […]

Seks Pasca Kanker

Vonis kanker, dan menjalani masa terapi kanker yang panjang penuh kejutan, pasti meninggalkan trauma, kecemasan, dan ketakutan – ketakutan menghadapi masa depan. Lumpektomi (operasi tumor) atau mastektomi (pengangkatan payudara) sedikit banyak mengubah kualitas hubungan pernikahan. Kebanyakan istri merasa insecure, kurang percaya diri karena ada bagian dari kecantikannya yang menjadi tidak lagi sempurna. Baca juga; https://mbafi.wordpress.com/2021/10/25/mengatasi-insecurity-pasca-kanker/ […]

Mengelola Mual dan Muntah Selama Kemoterapi

Makanlah makanan dalam jumlah sedikit sepanjang hari, agar tidak cepat merasa kenyang. Makan makanan kering yang cenderung tidak membuat perut sakit, seperti biskuit, roti panggang, dan sereal. Jauhi makanan berminyak yang mungkin tidak cocok dengan perut. Cobalah makanan berbahan dasar jahe untuk membantu meredakan mual. Ini termasuk ginger ale, teh jahe, atau jahe yang mengkristal yang dimakan sebagai camilan. Duduklah setelah makan – […]

Makin Taat Kok Hidup Makin Susah?

Pernah dapet curhatan, “Gue udah rajin sholat, ngaji, sedekah, tapi heran deh, makin gue taat kok makin hidup gue malah jadi susah ya, bisnis lari di tempat, suami meninggal, kanker gue perburukan. Rasanya pen nyerah aja deh.” Manusiawi aja sih, wajar mengeluh, namanya juga orang lagi sakit parah. Kucoba caritau deh, harapannya apa. Rencananya apa. […]

Suplemen Hati

Dua hari terakhir lagi butuh banget suplemen hati, Alhamdulillah ‘nemu rekaman ceramah Ustadz Oemar Mita Lc, ngaji kitab Tadzkiatun Nafs Bab Niat. Beberapa linknya : Simpulan untuk diri saya : “Sakit, sehat, sedih, senang, semuanya adalah hak ALLaah” – ini mindsetnya orang beriman. Kita pernah mendengar cerita, ada orang yang komitmen disiplin menjalani gaya hidup […]

Dokter Rini Julianty

Kalo ditanya kejadian apa yang paling berkesan dalam hidupku, pasti kujawab: Haji. Berangkat sepekan pasca kemoterapi kelima, dalam keadaan 2L2B. Lemah, letoy, belekan, bisulan, efek samping kemoterapi. H-1 wukuf, naik bus ke ‘Arofah, masuk tenda, dan aku pun jatuh pingsan, kena heatstroke. Pasien kemoterapi memang darahnya kental. Jadi sehari minum 3 liter pun, dengan cuaca […]

Berani Melihat Dosa Sendiri

Dulu tahun 2018 aku merasa tersinggung setiap denger orang bilang, “Cepet sembuh ya Fi, gapapa sakit menghapus dosa.” Jadi cuma gue nih, yang berdosa, yang pantas dihukum dengan kanker? Jadi klean yang sehat, semua bersih dari dosa? Saat itu saya baru mulai belajar makna RIDHO, legowo menerima ketetapan Allah, butuh waktu yang tidak sebentar. Prosesnya […]

Sepuluh Alasan Jajan Online

Salah satu hikmah pandemi, aplikasi kurir ekspedisi, ojek online, dan market place bersaing ketat, kualitas layanan dan jorjoran diskon. Kaum rebahan menang banyak. Kirim paket nggak perlu jauh-jauh antri di kantor pos/tiki/jne. Paketnya dijemput kurir. Tinggal klik. Kemarin kirim dokumen dan buku. Tempo hari jajan Sushi, mie ayam, roti tawar, bawang bombay. Daftar konsultasi ke […]

Berbagi ilmu tentang benjolan

Aku punya kenalan abdi negara. Sebulan yang lalu ngadu, istrinya sedang kalut mengetahui ada benjolan di dadanya, tapi diajak ke rumkit nolak, masih trauma pasca kakaknya baru saja meninggal akibat kanker payudara. Beliau minta tolong saya untuk memotivasi istrinya. Saya WA teteh Nurhayati, perkenalkan diri, ngaku aja diminta suaminya untuk menghubungi si teteh. Saya bilangin, […]

Tentang Belajar Mengelola Rasa

. Mustahil, seseorang hidup tanpa rasa. Karena rasa itu adalah karunia Sang Pencipta, bawaan manusia yang masih hidup. Rasa itu bagian dari takdir. Empati, cinta, lega, bahagia, nyaman, enak, mual, nyeri, ngilu, panas, dingin, senang, sedih, marah, kecewa, bangga, harapan, takut, berani, menyesal, puas, bahkan curiga atau waspada pun bermanfaat. Mungkin lebih tepat bilangnya, hidup […]