Category: WAWASAN

Suplemen Hati

Dua hari terakhir lagi butuh banget suplemen hati, Alhamdulillah ‘nemu rekaman ceramah Ustadz Oemar Mita Lc, ngaji kitab Tadzkiatun Nafs Bab Niat. Beberapa linknya : Simpulan untuk diri saya : “Sakit, sehat, sedih, senang, semuanya adalah hak ALLaah” – ini mindsetnya orang beriman. Kita pernah mendengar cerita, ada orang yang komitmen disiplin menjalani gaya hidup […]

Kacamata Kuda

Di kelurahan mana pun kita tinggal, di komunitas mana pun kita gabung, di platform medsos mana pun, akan selalu ada orang-orang yang mispersepsi dengan pekerjaan kita. Ciri-cirinya, mulai dari gaya berkomentar, “Ah ngapain sih, buat apa ngelakuin itu, ga usah neko-neko lah.” Sampai kenyinyiran, “Jelek amat, gak pantes,” Tapi nggak ngasih solusinya.

Sekilas Meditasi

Catatan pribadi, dari kelas Meditasi kemarin. Boleh jadi berbeda dengan pemahaman orang lain. Meditasi itu bukan bertapa. Bukan juga mengosongkan pikiran. Meditasi hanyalah mekanisme untuk menenangkan diri. Paradigmanya memberdayakan. Macam-macam Meditasi: 1. Mindfulness meditation οƒ  pay attention, be present, right now, no-judging. Bisa dilakukan ketika mandi, rasakan air yang mengguyur kulit, alirannya, suhunya, dengarkan suaranya. […]

Masih Bab Syukur

Bab Syukur sependek yang saya pahami bukan berarti nggak boleh komplen. Karena ngeluh, ngomel, gerenengan kalo udah capek tapi hasil nggak sesuai harapan, itu sifat bawaan setiap manusia. Tapi keseringan komplen, dikit-dikit komplen, ini bukan gue banget. Sampe hari ini saya masih belajar mengenal diri sendiri. Apa kekurangan and how to deal with. Bagaimana saya […]

Bersyukur Harus Lebay Dong

  “Hidup lu enak banget sih mbak, anak-anak loe, suami loe, emak loe, jalan-jalan kemana-mana, teman-teman banyak yang sayang banget sama loe, punya skill bisa nulis cerita, fisik loe kayak pake formalin, bla bla bla. ” Ma Syaa Allah tabarakaLLaah.

Empat Hal Penguat Kesabaran dalam Belajar?

Empat Hal Penguat Kesabaran dalam Belajar? By : ‘Aafiyah Salma Lathifah. Baca sampai selesai, yaa 😊 Ada lembaga Quran bersanad, yang membagi simpulan risetnya, bahwa 60% Muslim di Indonesia buta tajwid Al Quran. Dua penyebab utamanya, adalah.. Ignorance (egepe, bodo amat, masih muda, belum perlu, tar aja kalo udah pensiun) dan Kibir (sombong, merasa sudah […]

Ucapan Belasungkawa

Ucapan “semoga husnul khotimah” bukan untuk yang sudah wafat, ga ngefek lagi. Tapi lebih pantas untuk yang masih hidup. Ucapan untuk yang sudah wafat, adalah, doa permohonan ampunan dan rahmat. Contoh: Jika mayit laki-laki maka doanya: Allohummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu. Jika mayit perempuan maka doanya: Allohummaghfirlaha warhamha waafiha wafuanha. Ya Allah ampunilah dia, sayangilah dia, […]

Balada Pembeli

BALADA PEMBELI. By: ‘Afiyah Salma Lathifa. Sebagai pembeli, justru saya kurang sepakat dengan ungkapan, “Pembeli adalah Raja.” Karena pada kenyataannya kita saling membutuhkan, dan kita juga punya pilihan untuk melanjutkan transaksi atau tidak. Saling menghormati, saling menghargai, saling memahami sajalah satu sama lain. Jangan jadi pembeli/penjual yang nyebelin, sok penting gituh. Maunya dianaa ajaa yang […]

Inspirasi Mengelola Ketakutan

Inspirasi Mengelola Ketakutan. By: ‘Afiyah Salma Lathifa. Manusia, sedikit atau banyak, sering atau jarang, pasti memiliki ketakutan. Takut miskin, takut ditinggal orang yang disayang, takut penyakit, takut gagal, takut ditolak, takut dimarahin, dan sebagainya. Menjadi stay-at-home-mom adalah impian saya. Jadi princess, di rumah aja, menikmati peran dan kodrat alamiah sebagai muslimah. Kecukupan itu relatif. Kadang, […]

Inspirasi Mengelola Niat

Inspirasi Mengelola Niat. By: ‘Afiyah Salma Lathifah. Kebanyakan pasien fokusnya pada, “Nggak boleh makan A, B, C.” dan mereka berusaha banget taat mematuhi pantangan, sampai baper liat orang makan. Pen makan mie-ayam, sedih, ga bole. Pen makan rendang, sedih, ga bole. Padahal kalo kepengen banget ya makan aja, dikiit. Ngilangin kangen. Cheerleader πŸŽ‰πŸŽŠ Bagi saya […]