Blog Archives

Tag: ikhlas

Mengatasi Rasa Insecure Pasca Kanker

Saya bergabung dua komunitas kanker yang 99% members nya perempuan. Saya juga mengelola satu komunitas khusus muslimah. Namanya juga perempuan, ini makhluk yang paling hebat di soal rasa. Salah satu rasa yang sama adalah, berkurangnya rasa percaya diri pasca operasi payudara. Motivasi terkuat itu datangnya dari dalam diri sendiri. Dan apa yang kita pikirkan, kita […]

Suplemen Hati

Dua hari terakhir lagi butuh banget suplemen hati, Alhamdulillah ‘nemu rekaman ceramah Ustadz Oemar Mita Lc, ngaji kitab Tadzkiatun Nafs Bab Niat. Beberapa linknya : Simpulan untuk diri saya : “Sakit, sehat, sedih, senang, semuanya adalah hak ALLaah” – ini mindsetnya orang beriman. Kita pernah mendengar cerita, ada orang yang komitmen disiplin menjalani gaya hidup […]

Dokter Rini Julianty

Kalo ditanya kejadian apa yang paling berkesan dalam hidupku, pasti kujawab: Haji. Berangkat sepekan pasca kemoterapi kelima, dalam keadaan 2L2B. Lemah, letoy, belekan, bisulan, efek samping kemoterapi. H-1 wukuf, naik bus ke ‘Arofah, masuk tenda, dan aku pun jatuh pingsan, kena heatstroke. Pasien kemoterapi memang darahnya kental. Jadi sehari minum 3 liter pun, dengan cuaca […]

Suplemen Hati

Dua hari terakhir lagi butuh banget suplemen hati, Alhamdulillah ‘nemu rekaman ceramah Ustadz Oemar Mita Lc, ngaji kitab Tadzkiatun Nafs Bab Niat. Beberapa linknya : Simpulan untuk diri saya : “Sakit, sehat, sedih, senang, semuanya adalah hak ALLaah” – ini mindsetnya orang beriman. Kita pernah mendengar cerita, ada orang yang komitmen disiplin menjalani gaya hidup […]

Jumat Dhuha

Ngomong Sendiri Sambil Nge-Teh. 🍵 🍵 Saya “orang” teknik, orang logika, mungkin ada pengaruhnya dalam hal menerima berita bahkan nasehat. Kalo belum ‘nyambung dengan nalar saya, tidak bisa auto taklid sami’na wa atho’na. Namun demikian, nggak ada juga kepikiran menghujat ustadz-ustadz yang saya tidak setuju pendapatnya. … Kenapa? Mereka belajar agama kemana-mana, S1nya syariah, ada […]

Drakor

Aku termasuk orang yang gampang terpengaruh ulasan orang lain, walaupun tergantung ulasannya juga. Kalo cuma bilang, “Bagus, bagus.” Ga ngefek. Malah jadi inget mukanya pak Tino Sidin. Apalagi kalo cuma nyeritain sisi love story-nya doang. Malesin. Cinta, keromantisan, ketika pasangannya masih muda, kuat, enerjik, cerdas, cakep, kinyis-kinyis, itu mah biasa. Kisah cinta yang menarik bagi […]

Wakaf Quran (Bag. 2/2)

Jadi, dua pekan ini ketitipan amanah wakaf dalam bentuk mushaf Quran, baik yang preloved (tapi masih bagus), maupun yang baru masih segel. Totalnya 145 kami bagi ke tiga koordinator, satu di Cibubur, satu di Bogor, dan satu lagi di Bandung. Sabtu 21 Nov 2020 saya antar ke Cibubur untuk diteruskan ke Desa Cieheuleut Kabupaten Bandung, […]

Secoret Makna Ikhlas.

  Saya percaya kita semua bukan orang yang ketika beramal niatnya untuk pamer, riya’ atau ujub. – Enggak… Kita bukan yang kekgitu. Tapi… Ketika orang lain berterimakasih kemudian memuji-muji selangit, syaithan langsung tuh terlibat, mendramatisir pujian-pujian itu. Ketika kita masukin dalem hati, jadi deh. Ujub. – nastaghfirullah wa na’udzubillahi min dzalik. Atau ketika kita mendengar […]

Sahabat Sehat Mendadak Kopdar

Lima anggota Komunitas Muslimah Sahabat Sehat mendadak ngadain sharing meeting di Sambel Hejo Sambel Dadak Rawamangun. Ada yang pulang dari radiotherapy, kontrol, jelang kemoterapi, ada yang stadium satu, dua, dan empat. Kita ngobrolin macem-macem pola makan sehat, olahraga yang cocok di masa treatment, olah mindset, olah rasa, literasi doa-doa bahasa Indonesia, pengaruh kebiasaan membaca Al […]

HER2+++ is a blessing.

Selesai operasi 22 Maret 2018 jam 10 malam Dr Alfiah Amirudin memastikan bahwa tumor di payudara kanan saya adalah kanker. Enam pekan pasca operasi tercetak hasil IHK (immunohistokimia) saya menunjukkan, jenis kanker Grade III (membelah sangat cepat), ER/PR+, HER2+++. Lampiran IHK ini mengarahkan Dr Findy KOHM (Konsultan Onkologi Hematologi Medik) menentukan treatment lanjutan untuk saya. […]